Hamil Tanpa Gejala, Ini Penjelasan Medisnya

Hamil Tanpa Gejala, Ini Penjelasan Medisnya

Hamil tanpa gejala, bagaimana penjelasan medisnya?

Aqiqah Alfath, Purwokerto – Merangkum dari artikel yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli pada situs halodoc, menurut studi yang dituangkan dalam Journal of Royal Society of Medicine, 1 dari 475 wanita tidak menyadari kehamilannya hingga 20 minggu.

Mungkin ibu sendiri bertanya-tanya bagaimana bisa hamil tetapi tidak menyadarinya? Ada beberapa contoh kondisi dimana seorang ibu tidak menyadari kehamilannya.

Takut Kehamilannya Ditolak

Hal ini biasanya terjadi ketika hamil diluar nikah, sehingga memicu penolakan terhadap dirinya sendiri.

Perubahan Berat Badan

Penambahan maupun pengurangan berat badan bisa menjadikan wanita mengalami kehamilan, terutama pada wanita gemuk, cenderung tidak ada perubahan pada bentuk tubuhnya.

Gangguan Siklus Menstruasi

Tidak teraturnya siklus menstruasi pada wanita membuat dirinya tidak menyadari kehamilan.  Biasanya dipengaruhi oleh faktor stres, obat-obatan, obesitas, atau  Polycystic ovarian syndrome (PCOS). Telat atau tidaknya menstruasi bagi beberapa wanita bukan menjadi masalah karena sudah dianggap biasa.

Tidak Merasakan Gerakan Bayi

Merasakan gerakan bayi merupakan salah satu tanda kehamilan. Akan tetapi jika tidak merasakan gerakan hal itu menjadi kehamilan tanpa gejala. Hal itu juga bisa menjadi pertanda plasenta apakah janin berada di dalam rahim atau di depan.

Alat Kontrasepsi

Mengkonsumsi atau menggunakan alat kontrasepsi membuat tidak terjadinya gejala kehamilan, karena telat fase menstruasi merupakan hal yang biasa ketika menggunakan kontrasepsi.

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/hamil-tanpa-gejala-ini-penjelasan-medisnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *